Beranda · Masakan · Kue · Minuman

Google Doodle Merayakan Hari Sumpah Pemuda

Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Google menampilkan google doodle bernuansa kedaerahan namun tetap mengedepankan citra persatuan yang kuat.

Kalimat Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa muncul bergantian di bagian atas desain doodle tersebut jika tombol ”play” diklik.

Kalimat tersebut tentu saja merujuk pada isi Sumpah Pemuda yang dibacakan tanggal 28 Oktober 1928 dengan isi lengkap sesuai ejaan Van Ophuijsen berikut ini.

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sejatinya, sebutan Sumpah Pemuda merujuk pada isi putusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Jakarta.

Pada rapat hari pertama di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond yang sekarang masuk ke dalam kawasan Lapangan Banteng Jakarta, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres itu dapat memperkokoh semangat persatuan. Moehammad Yamin juga memaparkan makna yang terkandung dalam hubungan antara pemuda dan upaya-upaya persatuan. Dia berpendapat, lima unsur utama yang menjadi pemersatu kala itu adalah sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan keinginan luhur.

Sepentara pada rapat kedua, 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop, dibahas persoalan pendidikan. Sarmidi Mangoensarkoro dan Poernomowoelan yang menjadi pembicara menyampaikan bahwa generasi penerus harus mendapat pendidikan kebangsaan yang keseimbangan baik di sekolah formal maupun di lingkungan rumah.

Putusan itu berisi cita-cita luhur akan lahirnya tanah air dan bangsa bernama Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuannya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda oleh Google diharapkan meningkatkan semangat generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk lebih mencintai negeri tercinta ini (Indonesia) dan memahami cita-cita para pendiri bangsa dan mengaplikasikannya dalam setiap sendi kehidupan

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Google Doodle Merayakan Hari Sumpah Pemuda"

Posting Komentar